THE MEMORIAL LIBRARY

On 11 June, 2013 by Aldo Sianturi

Bila anda menyambangi kampus SAE Institute Jakarta, maka sempatkanlah untuk masuk, duduk dan menikmati koleksi berbagai buku bacaan di perpustakaan yang baru diresmikan pada hari Minggu, 9 Juni 2013. Perpustakaan tersebut dinamakan IGMATION LIBRARY. Nama ini memiliki pengertian dan signifikasi yang sangat mendalam bagi insan kreatif di Indonesia. Sebuah hal yang bijak dimana kampus ini memberikan sebuah penghormatan sakral kepada mendiang I Gede Mahedra (1979-2013) yang lebih dahulu meninggalkan kita semua. Bli Gede, namanya sering dipanggil silam, memiliki dedikasi tinggi dan kontribusi besar dalam kapasitasnya sebagai Head of Animation 2013.

Penyebutan “IGMATION” sangat akrab dikenal sebagai nama akun personal milik mendiang di Twitter sebagai penanda kesenyawaan atas dunia animasi yang digelutinya sejak kecil. Selama menjadi pendidik aktif, mendiang selalu berusaha memotivasi generasi muda dengan beragam ilustrasi dan filosofi. Mendiang juga dikenal memiliki pribadi yang menyenangkan baik bagi keluarga, komunitas dan nyaris tidak pernah berhenti menghidupkan suasana dengan canda tawa yang tulus. Hal yang senada disampaikan oleh siapapun yang memberikan sekapur sirih pada peresmian perpustakaan kemarin, bahkan Ayahanda dan Adinda yang bernama Nengah Krisnarini mengakumulasi semua nilai-nilai utama yang tidak bisa dipisahkan dari pribadi mendiang.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengertian perustakaan adalah suatu institusi unit kerja yang menyimpan koleksi bahan pustaka secara sistematis dan mengelolanya dengan cara khusus sebagai sumber informasi dan dapat digunakan oleh pemakainya. Dimana diharapkan juga bahwa perpustakaan dapat menciptakan generasi terpelajar dan terdidik, terbiasa membaca, berbudaya tinggi serta mendorong terciptanya pendidikan sepanjang hayat.

Tujuan Kehadiran Perpustakaan

1) Menyediakan sarana atau tempat untuk menghimpun berbagai sumber informasi untuk dikoleksi secara terus menerus, diolah dan diproses.

2) Sebagai sarana atau wahana untuk melestarikan hasil budaya manusia melalui aktifitas pemeliharaan dan pengawetan koleksi.

3) Sebagai agen perubahan dan agen kebudayaan serta pusat informasi dan sumber belajar mengenai masa lalu, sekarang, dan masa akan datang. Selain itu, juga dapat menjadi pusat penelitian, rekreasi dan aktifitas ilmiah lainnya.

Untuk mencapai visi, misi dan tujuannya perpustakaan ini akan menjalankan aktifitas pokok yang meliputi pengembangan, pengolahan dan pelayanan koleksi. Bahkan anda dapat berkontribusi menambah bahan pustaka dengan mengirimkan bahan pustaka yang layak untuk dibaca oleh setiap orang. Maka dengan demikian “IGMATION LIBRARY” dapat berdiri sebagai rumah ilmu tersendiri.

Bila hati anda tergerak dan ingin mengirimkan beberapa koleksi buku anda sebagai bahan pustaka, silakan catat alamat berikut:

SAE Institute Jakarta
fX lifestyle X’nter, f6
Jl. Jenderal Sudirman
Pintu Satu Senayan
Jakarta 10270 Indonesia

Tel. +6221 2555 4540
Fax. +6221 2555 4539
eMail: jakarta@sae.edu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense