SLANK & DANIEL ZIV DI THE ROYAL UBUD WEEKEND 2014

On 8 June, 2014 by Aldo Sianturi

Ubud1

Sejak tanggal 30 Mei – 1 Juni 2014, saya berada di Bali untuk menghadiri The Royal Ubud Weekend 2014. Acara pekan seni dan budaya tahunan untuk komunitas lokal yang mempertemukan para pembuat keputusan di dalam bisnis dengan beragam sektor kreatif. Kehadiran saya ke sana adalah untuk menemani Slank yang sudah saya koneksikan dengan teritori marketing melalui pintu MarkPlus Inc. Di acara pertama ini, Slank menerima apresiasi dari The Royal Ubud Family atas kontribusinya mempromosikan Ubud ke seluruh dunia.

Ubud2

Sebagai seorang yang memahami perjalanan SLANK, band ini memang selalu memilih Ubud sebagai tempat mereka melepas kegaduhan dan kepenatan yang dilewati setiap kali promosi album baru di Jakarta. Kedekatan mereka dengan Ubud selalu berlangsung sampai hari ini. Uniknya hal ini tidak mereka sadari dan tidak dirancang secara sengaja. Bahkan ketika mereka diapresiasi pihak kerajaan, mereka masih merasa bingung. Sampai pada akhirnya MarkPlus Inc. memastikan Slank untuk hadir di Ubud atas karya cipta yang dilahirkan di Ubud dan bercerita lepas tentang perasaan mereka melalui lagu yang berjudul “Tepi Campuhan” dari album ketiga SLANK yang berjudul PISS. Berikut adalah lirik lagu tersebut dan album ini dapat dibeli melalui iTunes Stores di: PISS.

Kulepas mata memandang
Sawah hijau membentang
Dua ekor anjing berkejar-kejaran
Menyusuri pematang… tepi Campuhan

Kulepas otak melayang
Ikuti semua kenyataan
Dua burung putih turun ke ladang
Mengganggu mimpi-mimpiku

Tepi Campuhan aku sendiri
Menahan hening redup senja ini
Tepi Campuhan aku menyepi
Menahan dingin kabut senja ini
Di sini aku sendiri
Di siniku saat ini nikmati sepi

Hujan turun tak juga berhenti
Halangi sunset yang kunanti
Sepasang capung menginjakkan kaki di kali
Lalu terbang dan hinggap di bunga

Sembunyi diriku dalam pelukan alam
Hindari semua kenyataan
Menggigil tubuhku sadari alam
Di sini aku kecil dan tak berarti

Ubud3

Pada tanggal 31 Mei 2014 sekitar jam 4 sore, Andi F. Noya yang dikenal melalui program reguler bertajuk “Kick Andy” di Metro TV hadir untuk memandu Talk Show “Off Air YouTube Show” di Musium Puri Lukisan, Ubud. Diantara para tamu, saya bertemu kembali dengan Tjokorda Gde Putra Sukawati, Tjokorda Gde Oka Artha Ardana Sukawati dan Tjokorda Gde Raka Sukawati yang bersemangat mengikuti jalan acara. Pemilik museum Neka dan Arma juga hadir bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan Presiden Direktur PT Astra International Tbk  Prijono Sugiarto. SLANK menjelaskan ikatan yang erat dengan Ubud dan juga menghibur audiens pada malam hari dengan membawakan lagu sebanyak 13 lagu diantaranya adalah Tepi Campuhan, Ku Tak Bisa, Lembah Baliem, Orkes Sakit Hati.

Ubud4

Tepat tanggal 1 Juni 2014 adalah giliran saya sebagai Moderator untuk acara ini untuk sesi presentasi Daniel Ziv yaitu seorang produser film dokumenter “JALANAN” yang tinggal di Ubud, Bali. Dia menceritakan seluk beluk persiapan, pembuatan dan efek dari film yang ternyata ditanggapi banyak negara. Daniel Ziv membuat banyak mata terbelalak dan begitu memberikan ruang berpikir bagi beberapa audiens yang setia menikmati beragam fakta yang dituturkan dan perspektif dia atas Ubud yang menjadi creative space untuk menciptakan banyak output seni. Acara ini dikemas dengan baik dan tahun depan harus lebih siap dan dihadiri beragam musisi baik kontemporer maupun pengusung musik modern. @2014/Aldo Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense