ONNY ROBERT “GUVERA MENUJU 2 JUTA PENGGUNA DI INDONESIA”

On 17 August, 2015 by Aldo Sianturi
Onny Robert - Head of Business Development & Operational Guvera Indonesia

Onny Robert – Head of Business Development & Operational Guvera Indonesia

Analisa strategi ‘”Global Mobile Music Market Forecast (2001-2021)” telah memprediksi bahwa total nilai pasar digital musik akan tumbuh dari $12.8M pada tahun 2014 menjadi $21.3M pada 2021, pencapaian ini didorong oleh efek gabungan dari pertumbuhan mobile streaming musik (paid subscription dan ad-funded free listening) di semua pasar, transisi dari fisik untuk konsumsi musik digital di Jepang, dan meningkatnya konsumsi konten musik legal oleh pengguna ponsel di China dan pasar negara berkembang lainnya.

Paparan di atas juga menjadi pedoman bagi Guvera seperti yang disampaikan oleh Onny Robert – Head of Business Development and Operation Guvera Indonesia. Guvera adalah layanan musik digital yang diciptakan oleh Claes Loberg (www.claesloberg.com) sejak tahun 2008 di Robina, Australia dan dirilis per Januari 2010 sebagai layanan musik streaming. Guvera adalah mesin pencari musik yang dibiayai oleh pengiklan.  Dalam aktivitasnya, Guvera didukung oleh B2B cloud music platform provider Omnifone. Banyak yang belum mengerti tentang hal ini dan aktivitas di Guvera di Indonesia hanya melakukan korespondensi bisnis langsung dengan HQ Guvera di Australia. Guvera Indonesia tidak berhubungan langsung dengan Guvera di Asia seperti layaknya International Major Label baik Universal, Warner, Sony.

Kehadiran platform ini cukup baik di mata pasar dunia dan telah menyabet beberapa predikat seperti:

– Ernst & Young entrepreneur of the year award, Qld, Australia
– Winner, best music app. Australian mobile awards
– Winner, Trailblazer entrepreneur of the year award, Business News Publications.
– Top 10 startup by Billboard Magazine.

Perusahaan ini telah didanai oleh AMMA yaitu Private Equity dari Australia sebesar US$ 90 juta. Guvera telah ‘LIVE’ di 20 negara dengan jumlah pendaftar lebih dari 10 juta nama dan pada bulan April 2015 menunjuk JP Morgan sebagai Financial Adviser untuk persiapan Go-Public.

Performance Guvera per Agustus 2015

Performance Guvera per Agustus 2015

Pada pertemuan yang baru saja terjadi, Onny menyampaikan gerak pertumbuhan pengguna di Indonesia yang semakin bulan bertambah. Per bulan Juli 2015, angka 1 juta telah disentuh dan tinggal menempuh perjalanan target utama pengguna sebanyak 2 juta di akhir tahun 2015. Angka ini cukup rasional atas kucuran budget  yang akan mendukung kualitas operasional yang semakin terbuka di Indonesia. Komunikasi yang lebih luwes kini dijalankan oleh Guvera seperti bertemu dengan media massa dan dalam waktu dekat akan memiliki acara musik yang akan semakin meningkatkan mass awareness di Indonesia.

Beberapa kali Onny juga menyampaikan bahwa Guvera tidak merasa terganggu oleh hadirnya pemain-pemain digital musik dunia yang juga menyasar keras pasar Indonesia. Kompetitor Guvera adalah Pembajak dan itulah kenapa layanan ini selalu meningkatkan kualitas teknologi sehingga membuat Guvera mampu menjadi solusi kemerosotan pendapatan di industri musik dunia. Boleh dibilang daya tahan Guvera sedang diuji di Indonesia. Namun dengan tim yang ramping dan meningkatkan volume kerjasama dengan beragam partner dalam basis komersial maka akan meneguhkan konsistensi Guvera.

Untuk meraih semua target yang direncanakan, Guvera tidak pernah berhenti mencari jalan keluar dengan beragam model servis yang meningkatkan rotasi musik dan iklan sekaligus. Semua perubahan harian selalu dianalisa dan dikembangkan ke beragam formula yang mungkin cocok antar negara. Guvera cukup mendapatkan respon yang besar di India sementara di Indonesia 95% penggunanya belum mau beranjak menjadi pengguna berbayar dan hal ini menjadi tantangan terbesar Guvera untuk bergerak dinamis.

Berikut adalah beberapa link hasil pertemuan terbaru Guvera dengan media di Indonesia:

1. Techinasia

2. Bijaks

3. CNN Indonesia

@2015/AldoSianturi. Photo: Aldo Sianturi, Guvera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense