MUSIK BAGUS HARUS BAGUS!

On 20 March, 2014 by Aldo Sianturi
Press Conference "Musik Bagus" di Galeri Indonesia Kaya, 19 Maret 2014

Press Conference “Musik Bagus” di Galeri Indonesia Kaya, 19 Maret 2014

Musik Bagus adalah kontribusi Glenn Fredly bersama sederet spesialis musik untuk Indonesia. Mereka turun tangan menjadi kurator produksi, mengembangkan potensi konten, meningkatkan nilai ekonomi dan melebarkan ruang promosi dengan beragam kreatifitas seni musik. Secara umum ini adalah pekerjaan dari perusahaan rekaman. Mereka bukan mengambil lahan label tetapi mengaplikasikan apa yang tidak ada hari ini dengan kreatifitas dan radikalitas. Karena sudah menjadi rahasia umum kalau label tidak lagi konsisten terhadap ekspertisnya dan perubahan tersebut berakibat langsung ke perjalanan musisi yang notabene menjadi singkat di tangan mereka.

Musik Bagus mengisi porsi yang selama ini hilang sebagai mata rantai utama pelaku seni musik yaitu produksi. Dari presentasi audio dan visual kemarin di Galeri Indonesia Kaya (Grand Indonesia), sangat jelas terlihat bahwa Musik Bagus memiliki formula dinamis untuk mengoplos Produksi Musik dan Bisnis Musik. Mereka sangat fokus terhadap musik. Ini penting, karena tanpa ada musik yang bagus maka tidak akan ada bisnis musik yang berkepanjangan. Riset yang dihimpun dan dikaji, otomatis menjadi pelajaran serius untuk hadir sebagai solusi masa kini. Semua musisi yang tampil kemarin begitu memukau meski dengan konsep tampil yang sangat sederhana. Saya yakin tidak ada wartawan yang berseberangan dengan apa yang didengar langsung di kuping. Inilah tantangan Musik Bagus untuk harus selalu Bagus!

Semua Bagus

Semua Bagus

Di depan para pewarta, Glenn mempersilakan musisi baru bersanding bersama produser musik yang bekerjasama menggarap musik mereka seperti Ari Aru dan Rifka Rahman. Acara kemarin sekaligus menjadi tanggal rilis pertama bagi Yura dengan Balada Sirkus dan Gilbert Pohan dengan Pesan Yang Tertunda. Ketika kedua musisi baru ini menampilkan talenta musiknya, mereka sangat percaya diri membawakan lagu berbahasa Sunda dan Batak di depan khalayak. Ini adalah nilai lebih hasil kurasi Musik Bagus, dimana mereka mengarahkan kekuatan musik adalah bahasa universal. Aplikasi ini sudah hampir punah dimana anak bangsa kita lebih merasa asik memakai bahasa kedua yang malah membuang kesempatan agar pesan moral bisa diterima secara acak. Suasana semakin riuh ketika Laya Pesulima bernyanyi bersama ABODA grup jazz instrumental yang terdiri dari empat kakak beradik.

Ada rasa lain ketika saya mengamati menit demi menit keberadaan pembicara di podium. Mereka membicarakan perihal teknis rekaman secara gamblang dan tidak merasa bahwa hal tersebut tabu bagi semua orang. Ini jarang terjadi di konferensi pers yang notabene hanya senyum-senyum saja. Mereka bukan cuma berbagi cerita tapi ilmu yang penting juga bagi jurnalis agar lebih mengetahui seluk beluk dunia rekaman dan tidak melulu ke faktor keartisan saja. Agenda dari Musik Bagus hanya Musik dan itu terlihat atas kehadiran penyanyi blues senior Margie Siegers yang selanjutnya akan memulai produksi album terbarunya dengan mereka.

Mengulas skenario bisnis musik yang diaplikasikan oleh Musik Bagus, mereka mengatakan bahwa pembagian yang akan selalu terjadi kepada semua pelaku adalah berbasis belah semangka alias bagi rata. Masing-masing akan mendapatkan 50% dari bentuk penjualan yang akan terjadi yaitu album fisik, digital, live performance, lisensi, iklan dan merchandise. Akumulasi penghasilan ke depan akan diolah sebagai subsidi untuk nama lain yang akan dikurasi. Serial ini akan menjadi opsi baru bagi pendukung musik dan musisi. Musik Bagus pun membuka akses seluas mungkin agar semua orang bisa bekerjasama dengan mereka. Mereka membuka diri untuk menerima demo lagu dari pencipta yang begitu banyak di Indonesia.

Musik Bagus, Believe Digital dan Doku

Musik Bagus, Believe Digital dan Doku

Musik Bagus juga bekerjasama dengan sebuah Local Payment Gateway yaitu Doku yang akan mengurusi penjualan album fisiknya. Untuk memperluas cakupan distribusi konten telah dijalin hubungan kerjasama dengan Believe Digital agar dalam waktu dekat produk mereka dapat dibeli atau dirental di 240 negara dengan jumlah ratusan platforms seperti iTunes, Spotify, Deezer, Amazon, Shazam dan sebagainya. Musik Bagus baru resmi hadir di tengah masyarakat dan memberikan persembahan musik yang berkualitas hingga sepanjang masa. Kini persembahan ini telah menjadi bagian dari kehidupan kaum muda baik yang menghabiskan waktu di digital ataupun non digital. Karena acara kemarin ditayangkan langsung (streaming) via malesbanget.com sebagai partner media dari Musik Bagus.

Website dari Musik Bagus adalah www.musikbagus.org dan kunjungi akun #MusikBagus di platform media sosial:
1. Twitter: @musikbagus_INA
2. Instagram: @musikbagus_INA
3. YouTube: musikbagus
4. SoundCloud: musikbagus_INA
 
@2014/AldoSianturi/Photo Credit: Aldo Sianturi, Jozz Felix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense