DEFINISI MASTERED FOR ITUNES (MFiT)

On 24 July, 2014 by Aldo Sianturi
Repvblik Band - Sandiwara Cinta (MFiT Version).

Repvblik Band – Sandiwara Cinta (MFiT Version).

Bagi para pemilik akun di iTunes Stores pasti sudah akrab dengan logo biru di sebelah kanan album bertuliskan Mastered for iTunes (MFiT). Namun maksud dari konsep dan logo tersebut belum sepenuhnya dimengerti khalayak luas atas sosialiasi yang terbatas. Seringkali terdengar bahwa MFiT adalah proses merubah kualitas file audio menjadi seperti audio cakram padat yang dapat dilakukan sendiri. Secara logika singkat cukup masuk akal. Tapi Apple secara resmi tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut.

Sejarah MFiT | Pada 2011 Apple merilis Program Mastered For iTunes sebagai media baru untuk download beresolusi tinggi. Hal ini berhubungan dengan format audio yang memiliki peningkatan dibanding format pendahulunya yaitu AAC 128kb/s. Situasi permanen sekarang di iTunes adalah penggunaan standar kompresi dan encoding audio digital bernama Advanced Audio Coding (juga disebut MPEG-4).

File AAC dapat diputar dengan menggunakan iPod, iPhone, iPad, dan aplikasi yang mendukung QuickTime. File AAC-encoded menyaingi kualitas CD audio, dan sebagus atau lebih baik dari file MP3 dikodekan pada saat yang sama atau bahkan bit rate yang lebih tinggi. Sebagai contoh, sebuah file AAC 128 Kbps sebagus atau lebih baik dari file MP3 160 Kbps. Karena bit rate lebih rendah, file AAC juga akan lebih kecil dari file MP3.

Definisi MFiT | Pemahaman yang lebih mendalam adalah Mastered For iTunes (MFit) adalah proses encoding untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimalisasi untuk keperluan komunikasi data dan penyimpanan data yang didasari oleh sumber audio asli, bukan melalui media cakram padat. Aktifitas ini secara murni adalah improvisasi kualitas suara yang lebih baik pada audio untuk menghindari loudness war (teknik yang digunakan para audio master untuk memaksimalkan volume sebuah audio dengan cara yang sebenarnya dipaksakan.).

Cara yang paling mudah untuk memahami pembicaraan kontroversial ini adalah dengan membaca panduan resmi dari Apple mengenai Program Mastered for iTunes (MFiT). Software gratis ini memungkinkan pencipta audio, menguji dan meninali audio yang dipengaruhi oleh encoder AAC iTunes termasuk mengungkap isu clipping sehingga dapat membuat penyesuaian dan penggantian sebelum mengirimkan file audio beresolusi tinggi kepada iTunes untuk menunjukkan pengkodean download yang nyata. Berikut adalah struktur untuk memahami perbedaan mendasar atas MFiT dan Non MFiT:

Tradisional: Original–>CD–>iTunes AAC

Mastered for iTunes:  Original–>CD & Original–>iTunes AAC

Peningkatan Penguasaan Audio beresolusi tinggi sering dihubungkan dengan proses pengkodean sebagai hasil dari penambahan terbaru pada pendasaran teknologi kodek AAC. Hal ini digunakan untuk mengirimkan hasil yang lebih baik. Teknologi decoder didefinisikan sebagai format standar namun pengkodenya dapat berjalan selama menghasilkan file yang bisa di decode-kan oleh decoder. Sehingga saat ini MFiT AAC codec dapat menerima sumber file 24-bit baik pada angka yang sama atau dua kali lipat. Itulah yang menjadi salah satu kemajuannya, ialah MFiT didukung untuk mengoreksi kualitas audio.

Dewa - The Greatest Hits (MFiT Version)

Dewa – The Greatest Hits (MFiT Version)

MFiT Album Indonesia | Sudah banyak album rilisan dari Indonesia yang terpajang di iTunes Stores dalam format MFiT diantaranya adalah Dewa – The Greatest Hits (Aquarius Musikindo) melalui Studios 301, Australia dan Repvblik Band – Sandiwara Cinta (Pro-M) melalui Stephan Santoso dari Slingshot Studio, Indonesia. Kedua album ini sudah dapat dibeli di iTunes Stores. Perubahan ini adalah sebuah investasi tambahan untuk mendapatkan keuntungan lain dalam komersialisasi musik. Ketika logo biru Mastered For iTunes terpampang secara otomatis menciptakan Marketing Value atas konten tersebut di mata konsumen modern.

Sebuah berita baik dimana Indonesia kini telah memiliki 7 Mastering House yang telah dilegitimasi oleh Kantor Pusat Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat sebagai vendor untuk Mastered For iTunes dari Indonesia. Bila anda berencana untuk memiliki album dalam format MFiT, maka silakan menghubungi kontak di bawah ini:

MFiTs

Kesemuanya terlebih dulu diuji kemampuannya oleh pihak Apple dan berhasil dengan hasil optimal. Ini membuktikan bahwa keseriusan Digital Musik di Indonesia semakin baik kondisinya dan kemampuan praktisi audi mendapatkan pengakuan setara dengan praktisi luar negeri  yang mendominasi. @2014AldoSianturi/Photo: Apple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense