MASALAH PENDIRIAN USAHA SEKTOR MUSIK

On 1 June, 2016 by Aldo Sianturi
Para Narasumber FGD

Para Narasumber FGD

Sambil menunggu konser Joey Alexander dimulai, saya bertemu dengan Adib Hidayat (Rolling Stone Indonesia) yang langsung menawarkan untuk menggantikan dirinya hadir di FGD (Forum Group Discussion) sebagai narasumber yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) & Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) LPPM – Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan tajuk “Identifikasi Masalah Pendirian Usaha Sektor Musik”.

Kegiatan tersebut diadakan mulai pagi hari pada Tanggal 24 Mei 2016 di Solo bersama dengan narasumber lain yaitu Djaduk Ferianto, Drs. Singgih Sanjaya M. Hum, Vishnu Satyagraha, Robinson Sinaga yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Djoko Purnomo, M.P. bersama dengan para pelaku usaha ekonomi kreatif bidang musik di wilayah Solo dan Yogyakarta. Setiap narasumber memaparkan pengalaman dan perspektif dalam mendirikan usaha-usaha di bidang musik. Paparan tersebut cukup legit dijadikan bahan diskusi bersama audiens yang datang dari wilayah praktisi.

Terus terang saya terpana ketika mendengar Vishnu Satyagraha yang sangat menguasai domain produksi musik ketika menyampaikan analisa tajam mengenai dampak pergeseran terbaru atas kontribusi Teknologi, Kepedulian Sosial dan Urbanisasi. Ketiga faktor ini berlaku penuh dalam menghadirkan peluang dan profesi baru di bidang musik seperti Home Recording, Ahli Reparasi Vokal, Ahli Gambar Drum, Ahli Mock-Up Orkestra, Musik Kreatif. Dia pun menuliskan hal yang sama di Blog-nya.

Sehari Sebelum Kegiatan Berlangsung

Sehari Sebelum Kegiatan Berlangsung

Diskusi ini semakin menarik ketika pembicaraan sudah masuk ke dalam perihal legalitas usaha dan standarisasi harga. Paling tidak permasalahan umum klasik yang masih menjadi hambatan di sektor bidang musik dapat diakumulasi menjadi sebuah pembelajaran yang harus segera dibenahi. Mentalitas praktisi adalah yang sangat disoroti Djaduk Ferianto sebagai dasar dari bentukan yang hendak dirumuskan secara ideal. Kedua institusi besar yang menjadi fasilitator FGD ini harus mampu melihat dengan jeli faktor-faktor penghambat dan pemulus perubahan hari ini. Tidak cukup sampai kegiatan ini saja. Masih panjaaaaaaang. @2016/Aldo Sianturi/Photo: Dinda UNS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense