“GO DIGITAL” BY AMDI (ASOSIASI MUSIC DIRECTOR INDONESIA)

On 15 April, 2015 by Aldo Sianturi
Indonesia Radio Music Director

Indonesia Radio Music Director

Hari ini saya berada di acara National Radio Day 2015 sebagai narasumber yang berhubungan dengan tema hari jadi bertajuk “Me, You & Us Go Digital” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Music Director Indonesia (AMDI) di Villa Wiladatika Cibubur. Kehadiran saya tidak lain atas undangan dari Iwan Sastro (Music Director 89.6 FM Iradio). Acara ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu 14,15,16 April 2015. Gaung acara ini di Twitter juga cukup baik dengan tagar #NRD2015 #9oDi9ital #MeYouAndUs.

AMDI2

Berada di acara ini memberikan luapan perasaan yang berbeda. Sebagian dari Music Director telah saya kenal dengan baik saat masih bekerja di Universal Music Indonesia selama 10 tahun. Saya saling bertukar kabar dengan Dedi (Lesmana FM Bogor), Dhani (Kisi FM Bogor), Helmy Brown (Shelter FM Cirebon), Yudhi Buster (KIS FM Jakarta), Awan (Ardan FM Bandung), Victor (B-Radio FM Bandung), Yeri Fanggi (Lite FM Jakarta),  Mumu (Brava FM, Jakarta), Heri (Gen FM Jakarta), Hotman (RRI Pro 2 Bandung), Irwan Johns (Bens Radio Jakarta) tentang kegiatan saya terbaru di dunia digital musik.

AMDI3

Di depan ratusan Music Director, saya bersama Sandra Asteria (Guvera) dan Dani (RRI)  memberikan pencerahan tentang digital yang kami tangani masing-masing. Saya menyampaikan hal utama yang dikerjakan selama ini berikut pengaruh yang diterima masyarakat dalam skala luas atas penyebaran konten yang berbasis komersial. Bahkan saya melontarkan bahwa AMDI sangat potensial menjadi partner untuk menjadi pintu utama keberadaan konten-konten yang datang dari area radio beraktifitas.

AMDI4

Saya juga menyampaikan bahwa setiap orang tidak mudah untuk beralih meninggalkan radio begitu saja. Radio adalah sebuah medium komunikasi yang mengandung emotional connection yang tidak dapat dijangkau oleh domain lain. Saya menegaskan bahwa pada akhirnya, wisdom dari setiap orang yang akan berbicara penuh atas pemilihan medium komunikasi. Bukan berarti dengan menjadi pelanggan Streaming Platform lantas membuat orang menepikan radio secara instan. Manusia selalu membutuhkan banyak opsi konten yang membuat dirinya tahu segalanya.

Jeda acara, saya masih berkumpul lagi melayani beberapa pertanyaan dari Music Director yang menyimak pembicaraan mengenai monetisasi dan optimisasi konten. Saya menangkap gairah besar dari Music Director untuk segera melakukan eksplorasi konten ke manca negara. Saya selalu merasa yakin dengan konten yang diproduseri oleh praktisi radio. Karena sudah pasti memiliki konsep dan mampu menciptakan theater in mind dalam skala luas. Sukses untuk semua Music Director.@2015/AldoSianturi: Photo: AMDI & Aldo Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense