ELEVATOR PITCH

On 25 August, 2013 by Aldo Sianturi

Elevator

Pada film 8 Mile, Eminem memiliki soundtrack berjudul “Lose Yourself (November 13, 2002) yang menurut saya memiliki sepenggal lirik pembuka yang begitu sempurna memotivasi setiap orang untuk menyampaikan apa yang dimiliki pada kesempatan yang tepat. Look, if you had one shot… One opportunity to seize everything you ever wanted… One moment… Would you capture it… Or just let it slip away?  Santai tetapi tegas.

Maka bila aktif berusaha di zona bisnis musik, pitch menjadi salah satu istilah komunikasi yang harus dikuasai dengan baik. Secara sederhana, pengertian pitch adalah interaksi komunikasi yang dilakukan kepada siapa saja hingga merasa tertarik dan memiliki perhatian atas ide yang disampaikan, baik itu proyek, produk maupun servis. Sebagian orang mengatakan bahwa pitch adalah murni milik salespeople, tidak juga namun anda bisa mempergunakan cara ini di berbagai situasi dan mendapatkan manfaat setelahnya. Bila  merasa bingung, pitch yang dimaksud di sini berbeda dengan vocal glossary yang memiliki pengertian tinggi atau rendah nada.

Diperlukan pemahaman yang mendasar dan kemampuan untuk mengembangkan gaya berkomunikasi singkat yang mendatangkan dampak kerjasama yang berbobot. Dunia bisnis adalah dunia orang sibuk. Semakin besar tanggung-jawab seseorang,maka semakin sedikit waktu untuk berbicara dengan orang yang tidak memiliki agenda pertemuan yang telah disepakati jauh hari. Tetapi dunia ini penuh dengan beragam kesempatan yang tidak terduga dan momen inilah yang harus dimenangkan.

Pitching dapat dibagi menjadi 3 bentuk penyampaian yaitu Elevator Pitch: 30 detik s/d 1 menitCompetitive Pitch: 2-5 menit dan Investor Pitch: 20 menit. Letak perbedaan ketiga penyampaian ini ada pada durasi dan persiapan konten pembicaraan. Yang saya bahas adalah yang pertama yaitu komunikasi tanpa persiapan panjang. Istilah ini diambil dari situasi saat berada di dalam angkutan transportasi vertikal atau yang sering disebut dengan elevator/lift pada gedung-gedung bertingkat tinggi. Aslinya tidak semua orang menyukai elevator, karena bentuknya yang kecil, membosankan dan dihindari para klaustrofobia yang memiliki ketakutan irasional terhadap ruangan tertutup, telah ditutup atau sedang ditutup.

Tanpa berdasar kepada pengertian terakhir. Elevator Pitch memiliki sifat singkat dan padat. Karena 1 menit adalah waktu yang cukup untuk membuat orang lain dapat mengerti dan tertarik dengan apa yang disampaikan. Banyak yang berguguran dalam melakukan hal ini, namun sebaliknya yang menguasai teknik dan akhirnya sanggup membuat formula pribadi yang efektif dan memiliki kelanjutan.

Formula dasar yang biasanya dipergunakan banyak orang dalam Elevator Pitch adalah sebagai berikut:

My company (name) is developing (what) to help (who) to solve (why) with secret sauce (how)

Tetapi bila ternyata waktu dari lawan bicara kita masih panjang sesuai dengan pilihan lantai yang dituju, maka akan lebih baik untuk mendapatkan detail yang lebih optimal. Struktur yang membantu situasi ini adalah dengan berfokus kepada:

1. Perkenalkan diri dan perusahaan sekaligus.
2. Sampaikan masalah yang sedang dicari jalan keluarnya.
3. Jelaskan apa yang dapat dilakukan melalui kita atau perusahaan.
4. Sampaikan bagaimana menciptakan profit dan benefit.
5. Sampaikan apa yang dibutuhkan dari lawan bicara.

Dunia memang sudah berbeda, sekarang ini Elevator Pitch juga dapat dinilai melalui ekspresi atau tujuan yang kita sampaikan melalui beragam media bukan dari pertemuan langsung seperti Tube Pitch, Twit Pitch dan dengan mengetahui struktur komunikasi yang baik maka segala situasi akan mendapatkan jalan keluar untuk sampai kepada tujuan awalnya. Tidak ada lagi kata mati akal bilamana ingin mengembankan beragam area di bisnis musik dengan memanfaatkan pertemuan tanpa janji yang pasti akan terjadi di setiap hidup manusia. @2013AldoSianturi/Photo: Special

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense