DUNIA IDUD YANG MENDUNIA

On 10 May, 2014 by Aldo Sianturi

Idud1

Setelah melakukan perjalanan dari Bali dan Jogja, sampai juga akhirnya saya di Solo untuk menemui Mas Idud yang dikenal sebagai pembuat alat musik dari Sukoharjo. Seharusnya di pertemuan tadi ada Mbak Peni Candra Rini, seorang pesinden kontemporer yang pernah saya tulis di blog ini sebelumnya. Tapi beliau masih jet-lag karena baru tiba tadi pagi dari New York. Suasana ramah yang selalu identik dari Mas Idud membentuk pembicaraan kami menjadi lepas. Saya pun menghubungi Bang Irwansjah Harahap (Suarasama) sebentar untuk mengabarkan kalau saya sedang bertemu beliau. Selanjutnya kami berdua pun terus berkelakar.

Idud2

Kedatangan saya bertemu Mas Idud adalah untuk beberapa agenda, distribusi digital dan silaturahim. Setelah menjelaskan urusan bisnis musik, obrolan kami melanglang ke karakter kaum muda hari ini. Menurut kami kebanyakan anak muda kita tidak berani menampilkan dan mempromosikan musik tradisional. Sementara di belahan dunia lain selalu mempersembahkan banyak musisi muda yang mengantarkan signature sound yang diperbicangkan dan diteliti di belahan dunia lain. Hati kami miris dan tetap berharap yang terbaik akan terjadi di masa depan.

Idud3

Mas Idud kini menjalani bisnis warisan keluarga yang bernama Sentana Art. Dari lima bersaudara, Idud berani mengambil keputusan untuk membalas budi orang tua yang selama ini membiayai kehidupan dengan membuat instrumen musik. Berbekal ketekunan dan percaya diri maka bisnis ini mantap dan telah menjadi sebuah merek yang dicintai banyak orang. Dia menceritakan bahwa pada tahun 1966, bisnis kakeknya harus berhenti karena bencana banjir bandang, namun karena sejak kecil telah dibekali ilmu dasar pembuatan alat musik, Idud semakin bernyali mengambil peran utama untuk Sentana Art dan mempergunakan hati sebagai pakem utama pengambilan setiap keputusan.

Hampir sama seperti orang lain, Idud awalnya tidak diyakini bakal bisa membiayai kehidupan dengan mengambil keputusan sebagai pembuat instrumen alat musik. Dia tidak gentar dan tidak mundur. Idud selalu mengejar kualitas yang prima di setiap instrumen yang dibuat. Semesta menjawab konsistensi Idud dengan berbagai bentuk kerjasama yang telah diraihnya. Bisnisnya berangsur membaik dalam urusan penjualan dan instrumen Sentana Art dipercaya memperkuat elemen musik beragam penampil yang hilir mudik di benua berbeda. Sebagai spesialis, Idud berharap besar bisa memberikan warna atau kontribusi kepada musisi.

Idud4

Sebelumnya Idud juga aktif sebagai musisi, tetapi karena harus membuat dan mengawal perencanaan produksi, dia memilih untuk tampil pada hajatan tertentu saja. Sejalan dengan fokus utama, Idud tetap menjaga hubungan komunikasi dengan beragam musisi seperti Reza Achman, Sawung Jabo, Dewa Budjana, Gilang Ramadhan, Iwan Fals.  Semua nama musisi ini ada dalam album photo pribadinya. Idud orang yang sangat sederhana dan tulus. Dia selalu berusaha untuk menjadi orang yang tidak ditokohkan. Dia lebih sering menolak untuk dipromosikan oleh media. Beruntung saya diterima untuk melemparkan pertanyaan dan membuat video wawancara yang dapat segera dilihat di YouTube. @2014/Aldosianturi / Photo: Aldo Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense