BONDAN PRAKOSO – TAHAN BANTING DARI DULU SAMPAI SEKARANG

On 20 September, 2015 by Aldo Sianturi
Bondan Prakoso Penuh Percaya Diri

Bondan Prakoso Penuh Percaya Diri

Dalam bahasa Indonesia, nama Bondan Prakoso yang asilnya dari Bahasa Jawa memiliki pengertian sebagai Kuat Sepanjang Masa. In other words, tahan banting! Seharusnya kita dapat memahami dan bersuka cita atas kesungguhannya sejak masih kecil sampai sekarang di peta musik Indonesia. Saya senang sekali bisa bertemu kembali dengan Bondan setelah waktu yang cukup lama. Orang akan bertemu bila sudah waktunya. Saya percaya hal tersebut dan ketika bertemu kami langsung membicarakan bisnis musik secara umum dan tidak umum seperti Digital Music Distribution. Selama saya berbicara, Bondan mengamati kata demi kata yang meluncur bebas yang sering dianggap remeh oleh para oportunis.

Saya senang sekali ketika Bondan menyampaikan kepada saya bahwa dia sudah melupakan semua perjalanan sebelumnya. Maka sekarang dia tidak ingin bertemu khalayak luas dan masih membicarakan keterlibatan dia sebagai solois yang membawakan lagu “Si Lumba-Lumba”, sebagai pemain bass di band Funky Kopral dan sebagai penyanyi dan pemain bass pada sebuah project kolaborasi dengan kelompok rap bernama Fade 2 Black. Itu hak dia. Itu realita yang dipilih. Namun saya merespon bahwa semua masa lalu yang dia jalani sesungguhnya tidak pernah cedera. Masa lalu adalah perjalanan yang mengantarkan Bondan Prakoso memiliki spirit hari ini. Dia ¬†hanya tidak perlu menggubris hal tersebut.

Begitu banyak tentunya perubahan yang terjadi pada Bondan setelah belasan tahun tidak bertemu. Rasa percaya diri dalam menuturkan apa yang dia mau dan mengekspresikan sikap seniman terhadap masa depan sangatlah lentur. Sama sekali saya tidak punya keraguan memandang perjalanan bisnis musik Bondan di Indonesia. Puncak kebesaran namanya di Tahun 2010 sepantasnya menjadi benchmark untuk kembali melakukan investasi produksi dengan maksimal. Sekarang dia sendiri dan justru semakin berani melakukan banyak hal tanpa bantuan orang lain. Saya yakin dia mampu melewati proses adaptasi dengan dinamis dan kembali mempersembahkan karya cipta yang mampu menghimpun kepekaan banyak orang. Wait For Him! @2015/AldoSianturi/ Photo: Aldo Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense