BERBICARA TENTANG BLACKPINK DI SILET (RCTI)

On 6 April, 2019 by Aldo Sianturi

Berbicara Tentang K-Pop

Kemarin sore, mendadak saya dihubungi oleh Tim Indigo Creative agar berkenan menjadi narasumber pengamat musik untuk topik  BLΛƆKPIИK di Program Infotainment “Silet”. Silet adalah sebuah program informasi hiburan yang memuat kehidupan para pesohor (selebritis) yang ditayangkan oleh stasiun RCTI. Topik yang mereka angkat adalah  BLΛƆKPIИK dengan single terbarunya di tahun 2019 yang berjudul “Kill This Love”. Girl-band besutan YG Entertainment ini memang sedang naik namanya di seluruh dunia. Single terbarunya dirilis tepat jam 12 malam pada tanggal 5 April 2019 dan raihan viewer untuk video klip terbarunya ini beranjak naik ke angka puluhan juta dalam waktu kurang dari satu hari. Statistik ini menegaskan bahwa Blackpink sedang digandrungi seperti BTS.

BLΛƆKPIИK adalah kuartet asal Korea Selatan yang terdiri dari Jisoo, Jennie, Lisa, dan Rosé. Empat anak muda ini tampil dengan format yang tidak sama dengan unit girl-band yang sebelumnya. Mereka tidak tampil kemayu melainkan spunky (gagah) dan agak dewasa. Selama kurang lebih 6 tahun sebelumnya mereka telah dibentuk pada masa trainee dari urusan musik, gerak, attitude, komunikasi, fashion dan statement. BLΛƆKPIИK selalu tampil bernyanyi dengan koreagrafi dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Empat dara ini dipecah dua, ada yang hanya melansir racauan rapp dan ada yang fokus bernyanyi.

Kesungguhan yang mereka raih membuat para agen bintang K-Pop percaya diri mengekspansi brand  BLΛƆKPIИK ke pasar musik terbesar dunia yaitu Amerika Serikat. Mereka telah sejajar dengan BTS hadir sebagai Front Cover di Majalah Billboard dan kehebatan lainnya adalah mereka akan tampil di ajang musik bergengsi dunia selama dua hari di Coachella pada 12-19 April 2019 bersama Childish Gambino dan Ariana Grande. Ini adalah aksi kali pertama di dunia bagi K-Pop artis tampil di event legendaris tersebut. Tentunya pencapaian ini menjadi motivasi besar bagi penduduk Asia dimanapun.

Indonesia boleh dibilang beruntung telah 2X menerima kedatangan pemilik lagu “Ddu-Du Ddu-Du” yang laris manis dipercaya sebagai ambassador banyak brand premium dunia. Pada bulan Oktober 2018, CEO YG Yang Hyun-suk mengumumkan bahwa masing-masing dari anggota BLΛƆKPIИK akan mempunyai proyek solo, dengan Jennie debut pertama dan Rosé selanjutnya. Di bulan yang sama, mereka dikontrak oleh Interscope Records untuk sebuah mitra global dengan YG Entertainment; mereka akan berada dibawah Interscope dan Universal Music Group diluar Asia.

Pada bulan November 2018, Black Pink mengumumkan tanggal tur tambahan dalam In Your Area World Tour mereka, yang menambahkan tiga belas tanggal di sekitar Asia dari bulan Januari sampai Maret 2019. Jennie debut dengan single solonya, “Solo,” di konser BLΛƆKPIИKdi Seoul pada tanggal 11 November; lagu dan video musiknya dirilis di hari berikutnya. Album studio Jepang pertama mereka, BLΛƆKPIИK in Your Area, tersedia secara digital pada tanggal 23 November, dan secara fisik pada tanggal 5 Desember. Album ini debut di no. 9 di tangga album Jepang, terjual sekitar 13,000 eksemplar di minggu pertama.

Lagu BLΛƆKPIИK paling baru “Kill This Love” dirasa sangat mewakili karakter girl-band yang fierce tapi lovable. Adalah Teddy dan R.Tee, dua produser yang berjasa membuat intro yang berani dan aransemen berkarakter istimewa sejak awal. Videoklip-nya cukup menghibur, setting visual yang menurut saya sangat kental elemen Tomb Raider-nya pas diadopsi untuk mengentalkan aroma tomboy atas kelompok mewah ini. Mereka belum letih, saya yakin mereka akan terus merambah kesuksesan melalui beragam aktivitas bisnis musik yang komersil. @2019/Photo: Ibnu Syina, YG Entertainment/ Credit: WeWork Gama Tower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ad Sense