ALBUM REVIEW : JOHN LEGEND “BIGGER LOVE”

John Legend kembali lagi dengan album musik studio terbaru berjudul “Bigger Love” yang dirilis hari ini 19 Juni 2020 sebagai kelanjutan dari album Darkness and Light (2016) yang dirilis empat tahun silam. Album terbaru ini sangat layak untuk ditunggu dan John begitu optimis atas kekuatan musiknya melalui percakapan di pertemuan online di minggu ini.

Melalui album terbaru “Bigger Love” yang dirilis oleh John Legend, sang peraih 11x Grammy Award kategori penyanyi dan pencipta R&B melansir kompromi baru yang sangat cair sebagai pelumas atas ketegangan yang terjadi belakangan di berbagai tempat khususnya Amerika Serikat dan pengaruh pandemi covid-19. Album ini adalah perayaan cinta, kegembiraan, sensualitas, harapan, dan ketahanan yang membuat budaya menjadi begitu indah dan berpengaruh.

“Saat ini, Cinta lebih banyak dibutuhkan. Apalagi ketika kami berjuang kembali dengan masalah rasial yang tersisa setelah kematian George Floyd di Minneapolis”, kata bapak dari Luna dan Miles. Bigger Love adalah album rekaman ke 7 (tujuh) yang direkam di studio. Inspirasi album ini sumbernya adalah dari istri tercinta, Chrissy Teigen dan Keluarga tercinta. John selalu menempatkan cinta menjadi tema unggul sejak memulai debut album Get Lifted (2004).

Di album ini, John Legend tetap memiliki bobot vokal yang kuat. Suara bawahnya kaya dan kuat, sedangkan suara atas dan falsetto selalu mengejutkan. Eksekusinya untuk album ini sangat memukau. Kali ini lirik yang kuat memudahkan John Legend melakukan manuver aransemen yang bersinggungan dengan beragam rasa musik seperti do-woop dan jamaika.

Pada album yang memiliki 16 track ini, John Legend berinteraksi optimal dengan kolaborator kenamaan Gary Clark Jr., Jhene Aiko dan Koffee. John Legend saya rasa cukup cerdas mengumpulkan tim produksi yang terdiri dari Ryan Tedder, Di Genius, Cautious Clay, dan Zach Skelton. Latar belakang musiknya pas sekali, cukup modern dan akhirnya bisa membuat album “Bigger Love” mewakili musik pop tahun 2020. Penyanyi asal Ohio ini juga secara spesial meminta seniman lukis Charly Palmer untuk menggambar artwork gambar sampul albumnya.

“Saya menumpahkan begitu banyak cinta, hati dan jiwa ke dalam album ini. Saya merasa seperti orang yang memerlukan siapapun saat ini. Album ini ditulis sebelum dunia lockdown karena coronavirus dan sebelum orang berbaris di jalan-jalan sebagai protes di sini di Amerika Serikat,” jelas John pada pertemuan online di awal minggu ini.

Selama kurang lebih 1 jam, John Legend memperdengarkan hampir semua lagu dari album Bigger Love kepada partisipan eksklusif. John bukan hanya menceritakan sumber inspirasi dari track-by-track, namun John juga begitu lepas bergoyang mengekspresikan rasa senangnya sambil merespon sekelumit pertanyaan seputar lagu-lagu di album barunya.

Kebesaran cinta yang dirangkum dalam sebuah album ini hadir pada waktu yang tepat sebagai pelipur lara dan motivasi baru. Coba dengar lagu Conversations in The Dark, Don’t Walk Away, Never Break sebagai rekomendasi utama dari saya.

@2020/AldoSianturi/Photo: Sony Music, Aldo Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *